Real Madrid Imbang Melawan Girona di Stadion Santiago Bernabeu

Keputusan Kontroversial Wasit Merugikan Tuan Rumah Real Madrid

Hasil pertandingan Real Madrid vs Girona pada lanjutan Liga Spanyol 2022-2023 berakhir tanpa pemenang. Dalam pertandingan tersebut sempat terjadi momen gol Rodrygo yang teranulir oleh wasit dan kartu merah Toni Kroos.

 

Real Madrid besutan Carlo Ancelotti cuma bisa meraih hasil imbang 1-1 ketika menjamu tim papan bawah Girona pada pekan ke-12 kompetisi teratas Liga Spanyol, La Liga. Bertanding dalam Stadion Santiago Bernabeu pada Senin (31/10/2022) dini hari WIB, Real Madrid unggul lebih dulu lewat gol Vinicius Junior pada menit ke-70.

 

Namun, gol balasan Girona melalui sepakan penalti Cristhian Stuani pada menit ke-80 membuat laga selesai dengan skor sama kuat. Momen menarik terjadi pada menit-menit akhir laga, ketika VAR menganulir gol Rodrygo dan wasit Mario Melero Lopez mencabut kartu merah untuk Toni Kroos.

 

Kroos mendapat kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada masa injury time babak kedua. Ini merupakan kartu merah pertama sepanjang karier gelandang asal Jerman tersebut. Dua menit sebelum wasit mengusir Kroos, Rodrygo sejatinya bisa menjebol gawang Girona untuk memberikan keunggulan bagi Real Madrid.

 

Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Rodrygo menendang bola yang sudah sudah dikuasai Paulo Gazzaniga meski kiper Girona itu hanya memegang bola menggunakan satu tangannya.

Kontroversi Kartu Merah dan Anulir Gol Tuan Rumah

Real Madrid

Keputusan wasit Mario Melero Lopez itu mengundang reaksi negatif dari para pendukung tim tuan rumah yang bersorak secara jelas dalam stadion. Terakit hasil laga kontra Girona, Real Madrid secara terang-terangan menyebut bahwa kemenangan mereka terampas oleh keputusan kontroversial sang pengadil lapangan.

 

“Kontroversi wasit merampas kemenangan Madrid,” tulis Los Blancos pada laman resmi klub. Hal yang menjadi sorotan Madrid tidak hanya teranulirnya gol Rodrygo, tetapi juga keputusan wasit memberikan penalti untuk tim lawan (Girona).

 

Pada momen gol balasan Girona tersebut, wasit menunjuk titik putih setelah ada insiden bola menyentuh lengan Marco Asensio dalam sebuah situasi sepak pojok. Mario Melero Lopez sempat melihat tayangan VAR untuk memastikan penalti bagi Girona.

 

“Vinicius Jr membuat pemuncak klasemen La Liga unggul pada menit ke-70. Tetapi Girona menyamakan kedudukan melalui penalti kontroversial menyusul tinjauan VAR oleh Melero Lopez. Yang mana juga menganulir gol Rodrygo,” tulis Real Madrid.

 

Bagi Los Blancos, hasil imbang kontra Girona tetap membuat mereka menguasai posisi puncak klasemen.

 

Armada Carlo Ancelotti memuncaki klasemen Liga Spanyol 2022-2023 dengan nilai 32 dari 12 pertandingan. Akan tetapi, Real Madrid kini hanya berjarak satu poin dari tim peringkat dua Barcelona. Dimana dalam pertandingan mereka pekan ini meraih kemenangan tipis 1-0 atas Valencia.